Wednesday, March 1, 2017

FAKTOR RESIKO DALAM KEHAMILAN

Dalam proses kehamilan, selalu dipengaruhi oleh banyak seklai faktor. Faktor yang cukup menentukan adalah masalah kesehatan sebelum ibu hamil dan selama ibu hamil. Dikenal istilah faktor resiko dalam kehamilan, yaitu segala hal yang akan mempengaruhi proses kehamilan ini , yang berimbas buruk pada ibu maupun janin nya. Faktor resiko kehamilan disebut juga sebagai hal yang menambah resiko kehamilan, tetapi secara tidak langsung meningkatkan kematian. Walau demikian, setiap ibu hamil WAJIB waspada dengan kehamilannya, baik yang normal apalagi yang memiliki resiko dalam kehamilannya.

 
Faktor resiko kehamilan bisa terjadi karena disebabkan masa sebelum kehamilan maupun saat hamil yang sekarang. yang termasuk faktor resiko sebelum kehamilan, misalnya : anemia, gizi kurang atau buruk, penyakit yang cukup berat, dan sebagainya, Sedangkan faktor resiko selama kehamilan bisa karena sebelum kehamilan ini dan bisa berpengaruh pada kehamilan mendatang, contohnya : pernah melahirkan bayi cacad, pernah operasi caesar, pernah menderita inkompabilitas rhesus, berat badan lahir bayi terlalu rendah, dan sebagainya. 

Bagaimana mengenal bahwa kehamilan kita beresiko? satu satunya jalan adalah dengan memeriksakan diri ke tenaga kesehatan yang kompeten, Dari pemeriksaan itu dokter atau bidan akan menyampaikan resiko kehamilan yang terjadi, bila ada. Bila tenaga kesehatan yang memeriksa tidak menyampaikan apapun, pastikanlah bahwa kehamilan ini tidak ber resiko. yaitu dengan bertanya. Mintalah penjelasan secara detail bagaimana kondisi kehamilan baik kondisi ibu mau pun calon bayi dan apa yang harus dilakukan.

Resiko dalam kehamilan ada yang sifatnya resiko tinggi, artinya sangat membutuhkan perhatian dan bila diabaikan bisa menyebabkan kematian.

Ayo, kita peduli dengan ibu hamil. Dengan demikian, bila ada yang mengalami resiko dalam kehamilan, maka akan segera tertangani. karena itu tetaplah waspadai kehamilan, hidup teratur dan berupaya hidup secara sehat.


No comments:

Post a Comment