Sunday, January 17, 2016

Konsepsi

Apakah konsepsi itu?

Menurut k\Kamus Besar Bahasa Indonesia , kata konsepsi memiliki arti sebagai berikut:

konsepsi/kon·sep·si/ /konsépsi/ n 1 pengertian; pendapat (paham); 2 rancangan (cita-cita dan sebagainya) yang telah ada dalam pikiran; 3 Bio percampuran antara inti sel jantan dan inti sel betina; pembuahan benih.

Dalam proses kehamilan manusia, konsepsi yang dipandang tepat adalah yang memiliki arti :"Percampuran anatara sel jantan dan inti sel betina; pembuatan benih"
 
Proses yang terjadi antara sel sperna (spermatozoa ) ketika berhasil menembus dinding sel telur seorang wanita, dan terjadi fertilisasi. Diistilahkan sebagai konsepsi. Perlu diketahui bahwa spermatozoa adalah sel yang terkecil dalam tubuh manusia.

Konsepsi terjadi di ampulla tuba, yaitu saluran yang ada dekat dengan ovarium ( tempat memproduksi sel telur). Ampulla tuba falopii ini meruparan saluran dengan kelebaran yang paling luas untuk saluran telur. Di sinilah terjadinya pertemuan antara sel sprematozoa dansel ovum. Setelah melebur dan bertemu, maka sel baru yang merupakan peleburan antara spermatozoa dan ovum ini akan berjalan menuju ke rahim, dan akan tertanan (implantasi) di dinding rahim wanita. Jadi, proses konsepsi ini sendiri terjadi dalam tahap-tahapan yang cukup rumit dan luar biasa. 

Perlu diketahui, untuk terjadinya pembuahan dibutuhkan hanya satu sel spermatozoa dan satu sel telur. Namun, dalam sekali ejakulat secara normal kurang lebih ada 200 juta sampai 500 juta sel spermatozoa. Sehingga,ternyata, kompetisi sudah dimulai ketika sel-sel spermatozoa ini saling berebut untuk dapat menembus dinding sel telut (ovum). Luar biasa bukan? Ternyata bayi adalah pemenang.
Berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk terjadinya implantasi? yaitu sekitar 6 hari setelah pembuahan sampai benar-benar tertanan seluruhnya sekitar 10 (sepuluh) hari setelah pembuahan.

No comments:

Post a Comment